Fungsi Sistem Rangka

1. Menopang tubuh
Fungsi utama rangka ialah menopang tubuh sehingga mampu berdiri tegak atau posisi lainya.
2. Memberi bentuk tubuh
Manusia memiliki bentuk yang khas (hanya manusia yang memiliki bentuk manusia) hal ini karena adanya rangka yang menyusun tubuh dari dalam (endoskeleton).
3. Melindungi organ – organ vital
Sistem rangka tersusun atas jaringan ikat yang sebagian besar mengalami pengerasan akibat deposisi senyawa kalsium. Karakter ini juga menunjang fungsi rangka sebagai pelindung organ – organ vital seperti otak, saraf, jantung, dan lainnya.
4. Tempat pembentukan sel – sel darah
Pada bagian – bagian tertentu pada sistem rangka yaitu pada sumsum merah atau rongga tulang keras, merupakan tempat pembentukan sel darah merah yang tidak memiliki intisel dan selalu akan diregenerasikan setiap 120 hari atau sekitar 4 bulan sekali.
5. Tempat menyimpan mineral
Seperti yang telah diuraikan sebelunya bahwa matriks ekstraseluler jaringan ikat yang menyusun rangka mengandung berbagai mineral seperti kalsium, phospat, dan sulfat. Dengan demikian, rangka dapat menjadi tempat penyimpanan mineral – mineral tersebut jika konsentrasi di dalam tubuh tinggi, dan begitu juga sebaliknya, rangka merupakan sumber untuk mendapatkan mineral – mineral tersebut dengan cara penguraian.

sumber:http://kakakpintar.com/pengertian-struktur-fungsi-sistem-rangka-manusia/

Komentar

Postingan populer dari blog ini