I. Gerak Pada Tumbuhan (1. Gerak Tropisme)

1) Gerak Tropisme
Tumbuhan yang diletakkan dekat jendela batangnya tumbuh menuju cahaya. Cahaya merupakan rangsang yang datangnya dari luar tumbuhan. Tropime adalah rangsangan dari luar. Jika arah gerak tumbuhan mendekati rangsang disebut gerak tropisme positif dan menjauhi rangsang disebut gerak tropisme negatif. Berdasarkan jenis rangsangannya, gerak tropisme dibagi menjadi geotropisme (gravitropisme), hidrotropisme, tigmotropisme, kemotropisme, dan fototropisme (heliotropisme).
Hasil gambar untuk gerak tropisme
a). Gerak Geotropisme
Arah gerak akar selalu menuju pusat bumi dan arah gerak tumbuh batangnya selalu tegak ke atas menjauhi pusat bumi. Arah gerak bagian tumbuhan baik akar maupun batang tersebut karena pengaruh gravitasi (Contoh kecambah).
b). Gerak Hidrotropisme
Hidrotropisme adalah rangsangan air. Contohnya pertumbuhan akar
c). Gerak Tigmotropisme
Tigmotropisme adalah rangsang berupa sentuhan dengan rambatannya baik berupa benda mati atau tumbuhan lain. Contohnya tumbuhan yang merambat
d). Gambar Fototropisme
Fototropime adalah rangsangan cahaya. Contohnya bunga matahari
e). Gerak Kemotropisme
Penyerbukan merupakan peristiwa jatuhnya serbuk sari di kepala putik. Selanjutnya, serbuk sari akan berkecambah di kepala putik dan membentuk buluh serbuk yang akan membawa gamet jantan (spermatozoid) menuju gamet betina (sel telur). Gerakan buluh serbuk sari menuju sel telur pada bakal buah karena pengaruh zat gula yang dikeluarkan oleh bakal buah. Kemotropisme adalah rangsangan bahan kimia.

sumber:

https://erlynadwi18.wordpress.com/2015/04/08/gerak-pada-makhluk-hidup-dan-benda/

https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjmn9SKj5fVAhUETbwKHbDlAbsQjRwIBw&url=http%3A%2F%2Fwww.perpusku.com%2F2016%2F03%2Fpengertian-gerak-etionom-esionom-tropisme-nasti-taksis.html&psig=AFQjCNFwKOKMzHOH6m8Nb4VtsDy50p6E7g&ust=1500614499552976


Komentar

Postingan populer dari blog ini